Tentang Portal

Dokumentasi dan Informasi Pernaskahan Nusantara diperlukan untuk mendukung upaya pemahaman terhadap nilai naskah dan pentingnya penelitian serta pelestarian naskah, khususnya naskah Nusantara sebagai  bagian dari warisan budaya bangsa. Oleh karena itu, pendokumentasian seluruh informasi yang berkaitan dengan pernaskahan Nusantara  perlu   mendapat perhatian yang serius, yaitu dikelola secara sistematis dan profesional, mencakup pembuatan, pencatatan, pengumpulan, pengolahan, penyediaan akses dan pendayagunaan dokumentasi pernaskahan Nusantara, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Portal Dokumentasi dan Informasi Pernaskahan Nusantara merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan tugas Perpustakaan Nasional untuk mengelola naskah Nusantara sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentan Perpustakaan.

Portal Dokumentasi dan Informasi Pernaskahan Nusantara merupakan bagian dari Portal Web Resmi Perpustakaan Nasional RI dan merupakan bagian dari layanan perpustakaan, khususnya layanan digital yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional Portal Dokumentasi dan Informasi Pernaskahan Nusantara merupakan portal yang menyajikan berbagai informasi tentang berbagai aspek  pernaskahan Nusantara, misalnya: katalog naskah, penelitian, terbitan, dan peraturan perundang-undangan.