Naskah Negarakertagama

06 Februari 2017

Naskah Nagarakertagama atau Desawarnana ini adalah sebuah kakawin Jawa Kuno, sebagai tanda penghormatan dan pengagungan terhadap Sri Rajasanagara (Hayam Wuruk, meninggal 1389), raja Kerajaan Majapahit, penerus Dinasti Rajasa yang mulai dari Raja Kerajaan Singasari (Tumapel), Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwahbumi (1182-1927M).

Ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun saka 1287 (1365 M). Nagara Kertagama menggambarkan tata Hukum, Administrasi, Keberadaan atau eksitensi dan aturan agama Budha di dalam kerajaan Majapahit, Tesk naskah asli dan penerjemahan dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris, kalau ada bahan mungkin 3 juga dengan bahasa Belanda, Bahasa Indonesia mengikuti aturan terjemahan yang dibuat Prof DR Slamet Mulyana, dan Bahasa Inggris atas hasil penerjemahan Theodor Pigeaud, “14Java in the 14th Century. A Study in Cultural History”, 5 vols., The Hague 1960-1963.

Terjemahan Theodor Pigeuaud sudah dibandingkan juga dengan edisi penerjemahan terbaru I Ketut Riana, “Kakawin Desa Warnnana uthawi Nagara Krtagama, Masa Keemasan Majapahit”, Jakarta: Kompas 2009, dan terjemahan baru oleh Stuart Robson, Desawarnana (Nagarakrtagama) by Mpu Prapanca(Verhandelingen van het Koninklijk Instituut vor Taal-, Land- en Volkenkunde,169), Leiden 1995.