NEGARAKRETAGAMA

NASKAH KUNO

001.223

Empu Prapanca

negarakretagama

-

-

1365

Jawa Kuno

48,5 x 3,5 cm

Perpustakaan Nasional RI.

Abstrak

Negarakretagama disebut juga sebagai Kakawin Desawarnana merupakan Kakawin Jawa Kuno karya Empu Prapanca paling masyhur. Kakawin yang ditulis tahun 1365, pertama kali ditemukan kembali pada thun 1894 oleh J.L.A. Brandes, ilmuwan Belanda yang menyertai ekspedisi KNIL di Lombok. Ia menyelamatkan isi perpustakaan Raja Lombok di Cakranagara sebelum istana sang Raja dibakar oleh tentara KNIL.

Negarakretagama menyediakan catatan terinci pemerintahan abad empat belas (XIV) di Indonesia, dimana azas keadilan sosial, kebebasan beragama, keamanan pribadi dan kesejahteraan rakyat dijunjung tinggi. Naskah juga memberikan kesaksian mengenai sikap demokratis dan keterbukaan penguasa atas rakyatnya, dalam suatu masa di mana masih banyak dianut sistem otokrasi absolut kerajaan.

Naskah Negarakretagama oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan dokumenter Memory of the World (MOW) tahun 2013. Kakawin ini menguraikan keadaan kerajaan Majapahit dalam masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk, raja agung tanah Jawa dan Nusantara. Ia bertakhta dari tahun 1350-1389 Masehi, pada masa kejayaan dan kebesaran kerajaan Majapahit. Naskah menguraikan wilayah kekuasaan Majapahit yang meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia dan sebagaian negara tetangga saat ini. Di samping itu, naskah menguraikan ihwal Raja dan keluarganya, kota dan wilayah Majapahit, perjalanan keliling raja, silsilah Raja Hayam Wuruk, sejarah raja-raja Singasari, sejarah raja-raja Majapahit dari Kertarajasa Jayawardhana hingga Hayam Wuruk.

File Berkas

 file-01.pdf

Sampul

Ketersediaan