La Galigo

NASKAH KUNO

006.900

-

-

-

-

Bugis

34 x 21,5 cm

Perpustakaan Nasional RI.

Abstrak

La Galigo adalah sebuah epik mitos penciptaan peradaban Bugis di Sulawesi Selatan. Naskah ditulis antara abad 13 - 15. Naskah ditulis dalam bentuk puisi berbahasa  Bugis Kuno. Naskah ditulis dalam huruf Lontara kuno. Puisi terdiri dari sajak bersuku lima. Selain menceritakan kisah asal-usul manusia, juga tentang Sawerigading, seorang pahlawan yang gagah berani dalam perantauannya. Naskah juga difungsikan sebagai almanak praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Epik berkembang dalam masyarakat Bugis yang sebagian besar melalui tradisi lisan. La Galigo masih dinyanyikan pada berbagai kesempatan upacara adat hingga saat ini. Naskah berisi 6.000 halaman atau 300.000 baris teks. Hal demikian, membuat La Galigo menjadi salah satu karya sastra terbesar pada jamannya.

La Galigo menjadi dikenal di khalayak internasional setelah diadaptasi dalam pertunjukan drama I La Galigo oleh Robert Wilson, sutradara asal Amerika Serikat, sejak tahun 2004.

Naskah La Galigo oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan dokumenter dari Indonesia sebagai Memory Of the World (MOW) tahun 2011.

File Berkas

 file-04.pdf

Sampul

Ketersediaan

No Panggil No Barcode Status
VT125j Tersedia