Profil Portal

Selamat datang di Portal Pernaskahan Nusantara

Portal Pernaskahan Nusantara merupakan bagian dari portal resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Portal ini lahir sebagai perwujudan dari amanat Undang-Undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, yaitu tugas Perpustakaan Nasional untuk mengelola dan mengembangkan koleksi naskah-naskah Nusantara guna memfasilitasi terwujudnya  pembelajaran masyarakat Indonesia sepanjang hayat. Adapun program pengelolaan dan pengembangan naskah Nusantara diimplementasikan dalam paket kegiatan penyimpanan, perawatan, pelestarian, dan pendayagunaan naskah-naskah kuno yang tersebar di masyarakat.

Portal ini mendokumentasikan hasil dari kegiatan pendayagunaan naskah kuno Nusantara yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan masyarakat. Naskah kuno Nusantara dan hasil penelitiannya dicatat, diklasifikasi, dan disediakan hak aksesnya. Hasil dokumentasi naskah kuno Nusantara dan hasil penelitiannya dapat dipergunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung upaya pemahaman terhadap nilai yang terkandung dalam naskah kuno Nusantara.

Kegiatan pendayagunaan naskah kuno Nusantara terdiri atas dua kegiatan, yakni 1) mendokumentasi naskah kuno Nusantara dan 2) mendokumentasikan hasil penelitian naskah kuno Nusantara. Kegiatan ini menginventaris naskah  kuno Nusantara dan hasil penelitiannya. Naskah kuno dan hasil penelitian diklasifikasi antara lain berdasarkan bahasa, aksara, wilayah, dan isi. Hasil dari kegiatan ini berupa Direktori Naskah Kuno Nusantara dan Direktori Hasil Penelitian Naskah Kuno Nusantara yang akan menggambarkan 1) kekayaan bahasa dan sastra nusantara, 2) lalu lintas perdagangan naskah kuno Nusantara, dan 3) penelitian-penelitian naskah kuno yang sudah pernah dilakukan. Direktori ini akan membantu masyarakat Indonesia dalam memperoleh informasi seputar objek penelitiannya. Selain itu, pemerintah juga dapat memanfaatkan direktori untuk membuat arah kebijakan pengelolaan dan pendayagunaan naskah kuno Nusantara untuk kepentingan nasional.